Balap motor adalah olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor. Balap motor, khususnya road race, cukup populer di Indonesia. Hampir tiap minggu di berbagai daerah di Indonesia even balap motor diselenggarakan. Selain road race, balap motor jenis lain yang cukup sering diadakan adalah motorcross, drag bike, grasstrack dan supersport.
Terdapat beragam jenis olah raga yang menggunakan sarana motor balap.Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) adalah badan Internasional yang berfungsi menaungi berbagai jenis kegiatan-kegiatan olah raga balap motor tersebut.
JENIS KEJUARAAN
Karena banyak terdapat bermacam jenis dan
bentuk motor, maka terdapat pula bermacam jenis pelombaan dan kejuaraan balap motor,
antara lain:
·
Road Racing atau balap jalanan dalam bentuk murni
atau asal mulanya adalah balapan yang dilombakan di jalan umum, seperti
lintasan Isle of Man TT (Tourist Trophy), Grand Prix Macau dan beberapa
lintasan di Ireland. Karena disebabkan oleh bahaya yang tak terlepaskan dari
jalan raya seperti jalur sempit, trotoar jalan, dan tembok-tembok, umumnya
balap jalanan sekarang dipindahkan ke lintasan-lintasan yang dibangun khusus.
·
Circuit Racing atau balap sirkuit , yaitu dimana
motor-motor balap yang dirancang khusus atau motor-motor produksi masal yang
dimodifikasi bersaing satu dengan lainnya di sirkuit yang juga dirancang
khusus. MotoGP adalah contoh dari balapan kelas
puncak yang melombakan motor yang dirancang khusus untuk balap dan tidak dijual
bebas, sementara World Superbike adalah contoh balap yang melombakan
motor produksi masal dan dijual bebas namun dengan modifikasi sesuai ketentuan.
·
Classic Racing Balap klasik adalah dimana para
peserta membalap dengan menggunakan motor yang telah dimodifikasi secara
besar-besaran dari era awal – biasanya motor-motor sebelum pertengahan tahun
70-an.
·
Motokross dan sepupunya supercross di lombakan
di lintasan berlumpur, biasanya menampilkan motor yang melompat melewati jarak
yang jauh.
·
Supermoto adalah gabungan antara balap jalanan
dan motokross. Motor yang digunakan umumnya adalah jenis motor motokross dengan
ban motor balap jalanan. Lintasan yang digunakan untuk perlombaan juga campuran
antara jalanan dan lintasan berlumpur atau tanah.
·
Speedway dan speedway es adalah balapan yang
diadakan di sirkuit berbentuk lonjong (oval) dimana para pembalap berlomba
dengan gaya khas speedway yaitu mengepotkan (membelok dengan menggeser roda
belakang) motor untuk memudahkan melewati sirkuit yang hanya berbentuk oval
tersebut.
·
Ketahanan motor (Enduro), dimana balapan di lombakan
dalam jangka waktu yang panjang, dan dengan lintasan alam, bahkan melewati
daerah terpencil. Reli Paris-Dakkar dan Six Day Enduranceadalah
contohnya.
·
Balap motor enduro
atau Reli jenis lain yang berbasis pada pengumpulan poin yang di raih pembalap
dan tidak terfokus mutlak pada waktu tempuh keseluruhan peserta. Reli-reli di
lombakan dalam waktu beberapa hari dan ribuan mil, dengan poin-poin bonus yang
diberikan jika berhasil sampai di tujuan dan tempat yang di perintahkan. The
Iron Butt Association adalah badan yang sering menyelenggarakan reli-reli
semacam itu.
·
Trial Motor di mana peserta mengendarai motor yang
dbentuk khusus dengan berat yang ringan dan dengan suspensi yang fleksibel.
Peserta harus menaklukkan beragam rintangan buatan seperti kotak, ban, tong
yang bertumpuk dan rintangan-rintangan lain. Lomba juga dilakukan di rintangan
alam berupa batu-batuan. Peserta di haruskan melewati rintangan-rintangan
dengan kesalahan seminimal mungkin untuk menjadi juara.
·
Drag Race motor (juga dikenal dengan sprints)
dimana dua peserta start di belakang sebuah garis star yang sama dengan tanda
star berupa lampu. Setelah lampu star menyala dua pembalap memacu motornya
melewati dua lintasan lurus sejauh seperempat mil, dimana waktu tempuh mereka
di catat dan di hitung. Pembalap dengan catatan waktu paling singkat melewati
garis finis adalah pemenangnya.
·
Hill Climb adalah dimana seorang pembalap menaiki
atau mencoba menaiki sebuah bukit berlumpur atau tanah dengan motornya. Motor
yang digunakan di rancang khusus dengan lengan ayun (swing arm) yang panjang
dan ban khusus ala motokross. Pembalap yang mencapai titik tertinggi di bukit atau
tercepat menaiki bukit adalah pemenang.
·
Land Speed dimana seorang pembalap tunggal memacu
motor melewati sebuah lintasan lurus sepanjang satu sampai tiga mil (biasanya
dilakukan di permukaan sebuah danau yang mengering) Pembalap tersebut harus
berupaya untuk membuat catatan waktu tercepat dan melewati catatan rekor
pembalap sebelumnya di kelas tersebut atau berdasar jenis motor yang
dipakainya, agar namanya tercatat dalam buku rekor
0 komentar:
Posting Komentar