Tak sedikit surat masuk ke redaksi OP yang menanyakan
soal korek yamaha vixion. Mengingat teknologi yang disandang Yamaha Vixion
adalah injeksi.
Ketakutan untuk menambah performa mesin injeksi ini
masih menghantui mekanik lantaran belum familiar dengan komponen injeksi
seperti sensor, throttle body, ECU, sampai injektor. “Biasanya mekanik takut
terjadi kesalahan karena merusak sistem,” papar Hermanu, mekanik dari HKU
Racing Motorsport, surabaya ini.
Tuner asal surabaya ini membuktikan kalau korek vixion
gampang. Semudah mengorek mesin karburator. ”Sistem dasarnya sama saja,
yang membedakan hanya pengkabutan, throttle body dan sensor. Walau demikian
tetap ada aturannya juga loh,” wanti herman sapaannya.
Nah, yamaha vixion bikinan hermanu ini dikorek untuk
kepentingan harian juga, namun soal peningkatan powernya cukup lumayan. “Korek
mesinnya berdasarkan perhitungan juga,” sebutnya.
Ada 3 prinsip yang digunakan untuk korek mesin vixion
ini. Memperlancar saluran masuk dan buang, memperbesar rasio kompresi dan
memperbaiki sistem penyaluran tenaga yaitu kopling.
Paling awal hermanu melepas kepala silinder vixion
karena permukaanya akan dipapas untuk menambah kompresi. Mekanik motor ekstrem
ini membubut head vixion 0,8mm. “Supaya volume ruang bakar menjadi kecil dan
padat, tapi saat TMA tidak membentur kepala piston. Bisa sampai 1mm cuma kepala
piston harus dicoak,” urainya.
Pembubutan kepala silinder tersebut mampu menaikkan
rasio kompresi jadi 11,5:1 dari asalnya 10,7:1. “Paking tetap menggunakan asli
vixion,”.
Kemudian perbaikan jalur bahan bakar dan gas buang.
Porting disini menjadi kunci meningkatkan efisiensi volumetrik, “bentuknya
tetap sesuai asli, hanya dihilangkan kulit jeruknya saja. Pembesaran sekitar
0,5mm. Jalurnya didesain agar bensin cepat masuk,” ungkap tuner hku racing
motorsport yang juga meriset vixion 200cc ini.
Yang perlu di ingat disini adalah pembuatan porting
tidak pada intake saja, melainkan tembus hingga dudukan klep. Ini diperlukan
agar gas segar tidak terhambat satu sisi saja. Melainkan lancar jaya dari saat
masuk hingga sampai ke ruang bakar.
perlakuan menghilangkan kulit jeruk di dalam porting
masuk, juga berlaku pada exhaust. Walau sama-sama diperlebar 0,5mm , hermanu
membuat permukaan porting lebih licin dibanding porting masuk.
Bagian porting memang penting sebagai jalur bensin dan
gas buang. “Selain itu di skur ulang agar kompresi tidak bocor,” ujar hermanu
yang saat ini bengkel nya sedang promosi seting CO gratis selama bulan juli.
Nah, bagian kepala silinder sudah cukup membangkitkan
tenaga. Kini perubahan dilanjutkan pada sistem kopling. “Kelemahan vixion ada
pada kampas kopling dan per kopling,”
Oleh tuner surabaya ini, kampas kopling vixion diganti
milik Yamaha Scorpio bikinan BRT, kemudian per kopling ditukar modifikasi HKU
Racing yang lebih kaku dari standar vixion.
Selain penggantian kampas, hermanu juga mengubah
kombinasi kopling. “Kampas vixion jumlahnya ada 5 buah. 4 kampas model lebar
dan 1 kecil yang disebut judder spring. Sistem ini yang membuat oper gigi
menjadi halus.
“Judder spring itu dihilangkan, diganti kampas kopling
serta plat kopling biasa. Jadi vixion sekarang menggunakan 5 kampas kopling
lebar,” tutur tuner yang buka padepokan di jl rawa baru 1 no 31, surabaya ini.
Hasilnya benar-benar lebih galak dari standar, karena
korek harian yamaha vixion ini mampu membangkitkan power vixion dari 13 DK
(berdasarkan dyno test) menjadi 14,2 DK. Ini knalpot masih standar dan noken as
standar, serta belum ada perubahan pada throttle body dan tidak pakai piggy
bag”.
Tak sedikit surat masuk ke redaksi OP yang menanyakan
soal korek yamaha vixion. Mengingat teknologi yang disandang Yamaha Vixion
adalah injeksi.
Ketakutan untuk menambah performa mesin injeksi ini
masih menghantui mekanik lantaran belum familiar dengan komponen injeksi
seperti sensor, throttle body, ECU, sampai injektor. “Biasanya mekanik takut
terjadi kesalahan karena merusak sistem,” papar Hermanu, mekanik dari HKU
Racing Motorsport, surabaya ini.
Tuner asal surabaya ini membuktikan kalau korek vixion
gampang. Semudah mengorek mesin karburator. ”Sistem dasarnya sama saja,
yang membedakan hanya pengkabutan, throttle body dan sensor. Walau demikian
tetap ada aturannya juga loh,” wanti herman sapaannya.
Nah, yamaha vixion bikinan hermanu ini dikorek untuk
kepentingan harian juga, namun soal peningkatan powernya cukup lumayan. “Korek
mesinnya berdasarkan perhitungan juga,” sebutnya.
Ada 3 prinsip yang digunakan untuk korek mesin vixion
ini. Memperlancar saluran masuk dan buang, memperbesar rasio kompresi dan
memperbaiki sistem penyaluran tenaga yaitu kopling.
Paling awal hermanu melepas kepala silinder vixion
karena permukaanya akan dipapas untuk menambah kompresi. Mekanik motor ekstrem
ini membubut head vixion 0,8mm. “Supaya volume ruang bakar menjadi kecil dan
padat, tapi saat TMA tidak membentur kepala piston. Bisa sampai 1mm cuma kepala
piston harus dicoak,” urainya.
Pembubutan kepala silinder tersebut mampu menaikkan
rasio kompresi jadi 11,5:1 dari asalnya 10,7:1. “Paking tetap menggunakan asli
vixion,”.
Kemudian perbaikan jalur bahan bakar dan gas buang.
Porting disini menjadi kunci meningkatkan efisiensi volumetrik, “bentuknya
tetap sesuai asli, hanya dihilangkan kulit jeruknya saja. Pembesaran sekitar
0,5mm. Jalurnya didesain agar bensin cepat masuk,” ungkap tuner hku racing
motorsport yang juga meriset vixion 200cc ini.
Yang perlu di ingat disini adalah pembuatan porting
tidak pada intake saja, melainkan tembus hingga dudukan klep. Ini diperlukan
agar gas segar tidak terhambat satu sisi saja. Melainkan lancar jaya dari saat
masuk hingga sampai ke ruang bakar.
perlakuan menghilangkan kulit jeruk di dalam porting
masuk, juga berlaku pada exhaust. Walau sama-sama diperlebar 0,5mm , hermanu
membuat permukaan porting lebih licin dibanding porting masuk.
Bagian porting memang penting sebagai jalur bensin dan
gas buang. “Selain itu di skur ulang agar kompresi tidak bocor,” ujar hermanu
yang saat ini bengkel nya sedang promosi seting CO gratis selama bulan juli.
Nah, bagian kepala silinder sudah cukup membangkitkan
tenaga. Kini perubahan dilanjutkan pada sistem kopling. “Kelemahan vixion ada
pada kampas kopling dan per kopling,”
Oleh tuner surabaya ini, kampas kopling vixion diganti
milik Yamaha Scorpio bikinan BRT, kemudian per kopling ditukar modifikasi HKU
Racing yang lebih kaku dari standar vixion.
Selain penggantian kampas, hermanu juga mengubah
kombinasi kopling. “Kampas vixion jumlahnya ada 5 buah. 4 kampas model lebar
dan 1 kecil yang disebut judder spring. Sistem ini yang membuat oper gigi
menjadi halus.
“Judder spring itu dihilangkan, diganti kampas kopling
serta plat kopling biasa. Jadi vixion sekarang menggunakan 5 kampas kopling
lebar,” tutur tuner yang buka padepokan di jl rawa baru 1 no 31, surabaya ini.
Hasilnya benar-benar lebih galak dari standar, karena
korek harian yamaha vixion ini mampu membangkitkan power vixion dari 13 DK
(berdasarkan dyno test) menjadi 14,2 DK. Ini knalpot masih standar dan noken as
standar, serta belum ada perubahan pada throttle body dan tidak pakai piggy
bag”.
kalo udah di porting itu harus juga setting CO ya gan??
BalasHapussoalnya vixi.ku udah portingan tapi malah limit di rpm rendah??
itu gmna ya..