Minggu, 12 Mei 2013

TIPS MERAWAT BINTER MERZY


   
Setelah mengetahui sejarah binter merzy kini saya akan memberikan beberapa tips untuk perawatan BINTER MERZY,CEKIDOT....
·       tanki motor anda motor Binter anda umurnya cukup lama, atau boleh dibilang usia motor dibandingkan dengan motor-motor lain usianya pada seumur jagung / kalah tua dibanding Binter. Untuk menjaga kebersihan bahan bakar yang masuk ke dalam carburator harus terjamin kebersihannya dari kotoran yang mungkin timbul dari dalam tanki anda. Apabila carburator sering ngadat indikasinya adalah mungkin bahan bakar yang masuk kotor, caranya :
·       Buka jok motor. Buka selang yang menghubungkan carburator ke tanki
·       Buka tanki sliding/geser kedepan
·       Tampung bensin yang ada di jirigen atau diwadah apapun
·       Kocok-kocok tanki dan buang kotorannya,boleh juga ditiup pake angin tapi hati-hati angin dari kompresornya jangan ada airnya.pake nitrogen baik juga, yakinkan sampai bersih.
·       Hati-hati dalam membongkar dan memasang kran bensin, jangan sampai jadi penyebab bocor
·       Memeriksa baterai : Cek terminal baterai dan bersihkan bila anda melihat karbon dengan terminal. jangan sampai berkarat, pastikan air akki/baterai terisi penuh dan mengganti baterai jika mati atau tidak berfungsi.
·       Memeriksa rantai chain harus dalam kondisi baik. Anda harus memeriksa rantai sebagai berikut : Cek ketegangan dalam rantai, rantai tidak boleh terlalu longgar atau terlalu ketat, periksa apakah ketegangannya sudah tepat. Check Gap/Play ke kiri, kanan, atas dan bawah. Kondisi roda gigi depan/belakang jangan sampai kondisinya lancip, gigi harus halus dan tidak boleh ada gompal. Jika ada maka anda perlu membeli sprockets baru. Sebelum lubricating rantai, pastikan anda telah membersihkan semua kotoran. setelah itu berikan pelumas yang baik khusus untuk rantai.
·       Pastikan rem bekerja dengan bagus, periksa minyak rem untuk rem depan, periksa indikasi rem belakang, kanvas rem apakah masih tebal atau sudah tipis sehingga perlu diganti.
·       Periksa oli mesin apakah masih sesuai marking atau perlu ditambah atau memang sudah saatnya diganti. Selalu ingat jadwal penggantian, sudah berapa km sejak penggantian oli terakhir.
·       Periksa tekanan angin pada ban motor anda.



Berikut tips supaya mesin Binter Merzy tidak cepat panas

Karena pada dasarnya oli seperti darah pada manusia,maka perlu perawatan pada part part yang berhubungan dengan oli.
mesin panas disebabkan karena oli kurang ke mesin hingga mengakibatkan mesin jadi panas dan jadi gak bisa jalan tuh motor.
solusinya pada saringan oli saringan oli pada binter merzy kan ada 2 yang atas yang ada kertasnya itu dan yang bawah yang berupa kasa besi sebesar ibu jari
saringan yang atas bersihkan saja secara rutin dan jangan pernah membuang kertasnya bisa rusak nanti gan mesinnya karena kemasukan kotoran .
yang bawah yang berbentuk kasa itu panjangin aja kasanya hingga mentok beli kasa dari besi yang biasanya digunakan untuk sablon pasang tuh di saringan yang dibawah dijamin mesin gak bakalan panas lagi



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...