Selasa, 21 Mei 2013

SEJARAH HARLEY DAVIDSON


Kisah sukses pabrikan Harley Davidson berawal pada tahun 1903, dimana William Harley dan Arthur Davidson mempunyai ide untuk membuat motor yang mampu menjinakan tanjakan yang terletak di daerah Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Kedua remaja yang baru berumur 20 tahunan ini akhirnya berhasil membuat sepeda motor pertama mereka. Didukung mesin satu silinder berkapasitas 60cc, motor ini berhasil melahap tanjakan tersebut dengan mudah.

Setelah sukses pertama tersebut, dua tahun berselang perusahaan bernama Harley-Davidson Motorcycles Co. Mulai berdiri. Sebelumnya dua saudara dari Arthur telah bergabung di dalamnya, yaitu Walter dan William Davidson. Menggunakan gubug kecil yang terletak di belakang rumah keluarga Davidson, mereka berempat memproduksi hasil karyanya sebanyak 3 buah, sebelum akhirnya berpindah ke Juneau Avenue. Di ruangan yang lebih luas mereka berhasil menyelesaikan 150 unit produksi yang semuanya ludes terjual.

Dan mesin V-twin yang menjadi ciri khas Harley Davidson terbentuk di tahun 1911. Berawal dari mesin V-twin 45 derajat berkapasitas 790cc, Harley Davidson mulai membentuk image sebagai pabrikan moge pelopor mesin V-twin. Dengan hasil karyanya ini Harley Davidson mampu menembus angka produksi hingga lebih dari 1.000 unit. Dua tahun setelahnya Harley Davidson bahkan mampu menembus angka produksi hingga 13.000 unit setelah pabriknya diperluas, dan masih terus bertambah.

Kesuksesan yang diraihnya, menjadikan Harley Davidson sebagai perusahaan sepeda motor terbesar di dunia di awal tahun 1920. Berbagai karya terbaru mulai lahir, mulai dari mesin V-twin yang kapasitasnya menjadi 1.184cc, Tangki bahan bakar yang berbentuk tetesan air (1925), hingga penggunaan rem depan (1928). Semua karyanya menuai kesuksesan sehingga mampu mengantarkan Herley Davidson melewati masa The Great Depression di tahun 1933, bersama saingan terdekatnya Indian.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...